Tips Membuat Daftar Pustaka Dengan Cepat

Membuat Daftar Pustaka

Tips membuat daftar pustaka tidak hanya dibutuhkan oleh kalangan pelajar saja tapi mahasiswa dan para pekerja kantoran pun seringkali menulis makalah untuk berbagai kepentingan. Jika kamu saat ini baru pertama kali menulis makalah, pastinya kamu pernah mengalami kesulitan salah satunya menulis di bagian daftar pustaka. Tidak perlu khawatir, karena kamu sudah bisa membuat daftar pustaka dengan mudah dan tidak ribet menggunakan microsoft word.

Daftar pustaka bukan hanya menjadi salah satu bagian di dalam makalah saja tapi juga tesis, skripsi, artikel ilmiah, jurnal hingga disertasi. Daftar pustaka letaknya ada di halaman akhir karya ilmiah. Dan daftar pustaka menjadi salah satu bab penting yang tidak boleh sampai terlewatkan. Tanpa daftar pustaka, tentu karya ilmiah yang sudah kamu buat belum bisa dibuktikan kebenarannya.

Mengenal Apa Itu Daftar Pustaka

Jika kamu saat ini ingin mempelajari sejumlah tips membuat daftar pustaka, pastinya kamu harus mengetahui dulu apa itu daftar pustaka. Daftar pustaka adalah sebuah daftar yang di dalamnya berisi judul buku, judul artikel, bahan-bahan yang berhubungan dengan karangan yang sedang kamu buat saat ini. Jadi jika kamu sedang membuat skripsi, disertasi, tesis atau jurnal, kamu pasti akan membutuhkan bahan-bahan tersebut. Melalui daftar pustaka ini, kamu tentu bisa memberikan informasi ke para pembaca supaya bisa melihat lagi sumber aslinya.

Beberapa hal yang harus dicantumkan saat menulis daftar pustaka adalah nama si penulis, judul tulisannya, siapa yang menerbitkan, identitas penerbit serta tahun terbit. Dan kegunaan atau fungsi dari daftar pustaka adalah menjadi bahan rujuan ataupun sumber bagi seorang penulis dalam membuat sebuah karya ilmiah.

Tips Membuat Daftar Pustaka Dengan Praktis Dan Cepat

Daftar pustaka dalam sebuah penulisan adalah hal yang penting. Sebab para pembaca akan menggunakannya untuk mengetahui sumber dari sebuah karya ilmiah yang dibuat oleh penulis. Di halaman daftar pustaka harus dibuat secara berurutan dari A hingga Z. dan untuk penulisan namanya harus nama belakang dulu yang ditulis baru nama depannya. Banyak orang dibuat pusing saat membuat daftar pustaka ini. Tapi tenang saja, ada beberapa tips membuat daftar pustaka dengan praktis dan cepat seperti berikut ini:

Baca Juga  Inilah 3 Hal Yang Wajib Kamu Lakukan Sebagai Mahasiswa Baru

1. Buka Halaman Baru

Tips pertama adalah harus membuka halaman baru terlebih dahulu. Ini adalah langkah pertama apabila kamu ingin membuat daftar pustaka dengan cepat. Kamu juga harus persiapkan semua sumber atau buku yang akan kamu masukkan di daftar pustaka. Jadi siapkan semuanya terlebih dahulu sebelum membuat daftar pustaka.

2. Pilih Menu References

Kemudian, pilih menu references jika semuanya sudah siap. Kamu bisa pilih menu ini melalui toolbar yang ada di microsoft word.

3. Pilih Insert Citation

Jika kamu sudah menemukan menu references, pilih menu yang ada tulisan insert citation kemudian pilihlah add new source. Akan muncul tabel menu dimana kamu harus mengisinya dengan materi buku atau website yang akan kamu masukkan ke dalam halaman daftar pustaka.

4. Isi Dengan Lengkap

Tips keempat, isi tabel tersebut mulai dari nama penulis, penerbit, tahun terbit, judul buku, kota buku. Setelah pengisian data selesai, baru centang “Show All Bibliography fields” yang letaknya ada di kiri bawah dan klik ok.

Baca Juga  Trik Viral Cara Memisahkan Ekstrak Suara Dari Vidio Di Aplikasi VN

5. Klik Menu Bibliography

Ada dua pilihan tersedia jika kamu mengklik menu bibliography yakni untuk buku dan untuk website. Pilih salah satu dan materinya harus kamu isi dengan menggunakan format daftar pustaka. Jika ingin membuat yang baru lagi, kamu bisa ulangi langkah-langkahnya.

Itulah beberapa tips membuat daftar pustaka dengan mudah dan praktis yang bisa kamu terapkan saat mengerjakan karya ilmiah. Selamat mencoba.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.