Inilah 4 Perbedaan Jenis Lisensi Plugin dan Tema Pada WordPress

Inilah 4 Perbedaan Jenis Lisensi Plugin dan Tema Pada Wordpress
Inilah 4 Perbedaan Jenis Lisensi Plugin dan Tema Pada Wordpress

Hingga saat ini terdapat banyak sekali pemilik usaha dari berbagai bidang telah membangun website sebagai alat pemasaran produk atau jasa yang dijual. Dengan menggunakan Content Management System yang cukup populer yaitu website berbasis WordPress untuk membuat website dengan harga yang murah yang memiliki berbagai kemudahan dalam menggunakannya. Terdapat banyak manfaat menggunakan website berbasis wordpress, selain tidak menggunakan tempat fisik, dengan memiliki website juga memungkinkan toko kamu dapat diakses kapanpun dan dimanapun secara cepat sehingga membuat calon konsumen anda tidak harus mendatangi toko anda. Untuk membuat website menggunakan wordpress tak terlepas dari sebuah tema dan plugin, dengan menggunakan tema dan plugin ini dapat mempermudah membuat website tanpa perlu memahami bahasa coding . Pugin dan tema yang ada di wordpress telah banyak beredar baik itu versi berbayar maupun versi gratisan, akan tetapi ada juga versi bajakan yang banyak digunakan oleh pengguna wordpress, berikut ini saya akan berbagi info Perbedaan Jenis Lisensi Plugin dan Tema Pada WordPress.

Lisensi Gratis

Lisensi gratisan yaitu yang lisensi yang dapat digunakan oleh semua orang secara bebas cuma-cuma tanpa mengeluarkan biaya baik plugin dan tema pada wordpress, biasanya lisensi ini telah banyak tersebar luas. Plugin dan tema jenis biasanya dapat dengan mudah ditemukan pada dashboard wordpress. Sayangnya lisensi gratis ini hanya menyediakan fitur yang cukup terbatas sehingga mengharuskan konsumen untuk meningkatkan ke versi premium berbayar, lisensi ini juga biasa dinamakan dengan lisensi freemium yaitu gratis pada awal pemakaian dan untuk memperpanjang serta mendapatkan fitur menyeluruh harus bayar.

Lisensi Premium

lisensi ini adalah linsensi yang menawarkan semua fitur berbayar yang disediakan oleh penyedia layanan plugn dan tema wordpress. Terdapat harga yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan lisensi ini harus mengeluarkan biaya dan akan mendapatkan seluruh fitur premium dan support dari penyedia layanan, contohnya adalah Tema Astra dan GP Premium yang pernah saya gunakan.

Baca Juga  Trik Viral Cara Keluar Dari WhatsApp Web Tanpa Buka Komputer

Lisensi GNU

Kelebihan menggunakan lisensi ini yaitu bisa dimiliki dengan murah, bisa menikmati fitur yang sama dengan versi premium asli dan bahkan dapat digunakan dibeberapa website. Dan erugian menggunakan lisensiini adalah tidak mendapat update resmi dan bantuan dari penyedia layanan Plugin dan Thema. Lisensi ini dapat dengan mudah didapatkan melalui marketplace dengan harga yang terjangkau dibanding dengan versi asli.

Plugin / Thema Nulled

Plugin ini adalah versi bajakan dari tema dan plugin WordPress nulled yang berbayar dan telah dioprek versi aslinya dan didistribusikan secara illegal melalui internet. Para distributor tema plugin nulled ini sering berpresepsi bahwa plugin dan tema WordPress sudah memiliki lisensi GPL maka mereka boleh-boleh saja untuk mendistribusikan tema dan plugin nulled seperti ini.

Kesimpulan:

Terdapat banyak sekali lisensi plugin maupun tema yang beredar diluar sana, akan tetapi banyak juga yang menjual versi ilegal yang dapat membawa virus dan bocornya data pada suatu website. Jika anda menggunakan suatu website pribadi atau sekedar untuk coba-coba anda dapat menggunakan Lisensi versi GNU. Sedangkan jika anda membuat website skala besar seperti perusahaan atau instansi pemerintahan saya sarankan untuk menggunakan versi premium asli sehingga bisa mendapatkan support penuh dan menghindari kebocoran data.

Baca Juga  Trik Viral Cara Cepat Meresume Buku Ke Word Tanpa Ketik Tangan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.