10 Prospek Pekerjaan Jurusan Akuntansi di Masa Sekarang

Pekerjaan Jurusan Akuntansi

Jangan ragukan pekerjaan jurusan akuntasi di masa sekarang. Masih banyak, loh, peluang kerjanya. Berikut ini ada 10 prospek yang bisa menjadi refenrensi kamu.

Banyak orang bilang, kalau jurusan akuntansi itu sudah ketinggalan zaman. Paling-paling cuman kerja di kantor pajak. Eits, bukan hanya itu pekerjaan seoarang akuntan. Masih banyak dan luas lagi pastinya.

10 Prospek Pekerjaan Jurusan Akuntansi

Sebelum masuk ke pembahasan, tadi sepertinya sempat menyinggung istilah akuntan. Akuntan itu seperti apa? Apakah seperti jabatan seoarang akuntansi? Bukan itu, ya.

Akuntan adalah sebuah gelar yang diberikan dengan bangga kepada seseorang yang berhasil menyelesaikan pendidikan sarjana di fakultas ekonomi dengan jurusan akuntansi.

Kalau ada pertanyaan tentang apa itu akuntansi lain lagi definisinya. Akuntansi adalah ilmu yang berfokus pada informasi untuk menjelaskan kondisi keuangan dari suatu perusahaan kepada pihak yang membutuhkan laporan keuangan tersebut.

Untuk mendeskripsikan dan memberikan gambaran terkait laporan keuangan suatu perusahaan, lebih mudahnya menggunakan ilmu akuntansi ini.

Cukup menarik bukan akuntansi ini? Melihat dari definisi, sepertinya banyak yang membutuhkan jasa dari seorang akuntan. Terlebih lagi, zaman sekarang banyak perusahaan yang sedang berkembang-kembangnya. Akuntan pasti dibutuhkan. Jadi, jangan pernah mengatakan kalau seorang akuntan akan sulit mendapatkan pekerjaan, ya!

Lebih lengkap seputar jenis-jenis pekerja, bisa kamu lihat di 10 dafatr berikut ini.

1). Profesi Internal Auditor

Profesi internal auditor sangat berperan penting dalam pengembangan keuangan suatu perusahaan. Internal auditor bertugas untuk memeriksa keuangan dari dalam (internal) dan memastikan laporan keuangannya memang sudah sebenar-benarnya.

Profesi ini juga masuk ke dalam bidang akuntansi. Seorang intenal auditor, juga biasanya memiliki tugas untuk memastikan semua orang yang berada dalam bidang manajemen suatu perusahaan, sudah melaksanakan tugasnya dengan baik.

2). Profesi Akuntan Publik

Tidak puas hanya menjadi seorang akuntan, prospek kerja akuntansi juga bisa menjadi seorang akuntan publik. Terlebih lagi sekarang banyak perusahaan yang butuhkan laporan keuangan secara terperinci untuk menentukan arah pembangunan akan seperti apa.

Seorang akuntan publik, bisa dikatakan sebagai kebalikan dari seorang internal auditor. Tugas akuntan publik, untuk memastikan bahwa laporan keuangan sudah final, jelas, dan terperinci.

3). Pekerjaan Jurusan Akuntansi Selanjutnya, Akuntan Pajak

Ini sepertinya sudah tidak asing bukan? Bahkan di awal pembahasan tadi, pekerjaan ini sudah disinggung sebelumnya. Profesi akuntansi tidak akan jauh-jauh larinya dari pekerjaan akuntan pajak. Ini sudah profesi yang paling umum.

Akuntan pajak bertugas untuk menghitung pajak, menganalisis, dan memberikan saran kepada pihak manajemen, agar bagaimana pembayaran pajak, bisa seminimal mungkin, tetapi maksimal untuk pembangunan negara.

4). Akuntan Pemerintah

Profesi akuntan juga bisa menjadi seorang akuntan pemerintah. Instansi-instansi pemerintah jumlahnya ada banyak dan butuhkan penyusun laporan keuangan yang handal.

Hanya mungkin akan sedikt berbeda dengan profesi sebelumnya. Kalau seorang akuntan pemerintah tidak akan menghitung tentang untung rugi, tetapi bagaimana menjalankan aturan sebaik mungkin dari pemerintah.

5). Akuntan Pendidik

Sarjana akuntansi biasanya banyak ini yang memilih profesi sebagai akuntan pendidik. Apa sih akuntan pendidik itu?

Sederhananya, akuntan pendidik itu adalah yang memberikan materi terkait akuntansi. Dosen atau guru adalah contohnya. Biasanya akuntan pendidik punya gelar master di bidangnya. Adapun gelar sarjana akuntansi adalah S.Ak.

6). Pekerjaan Jurusan Akuntasi Berikutnya, Manajer Keuangan

Nah, manajer keuangan ini juga masuk ke dalam profesi seorang akuntan. Kebiasaannya yang sudah akrab dengan keuangan, menjadikan seorang akuntan lebih dekat menjadi manajer keuangan.

Kerjaan manajer keuangan zaman sekarang, biasanya untuk mengatur keuangan sutau perusahaan. Agar keuangan tetap sehat dan teratur.

7). Spesialis Hutang

Spesialis hutang masih masuk ke dalam bidang-bidang akuntansi. Bagaimana perkerjaan seorang spesialis hutang?

Tugas utamanya adalah melakukan pengelolaan terhadap semua pembayaran yang keluar untuk kebutuhan suatu perusahaan. Biasanya pekerjaan ini akan akrab dengan yang namanya software akuntansi. Misalnya Microsoft Excel.

8). Spesialis Piutang

Tidak hanya spesialis hutang, spesialis piutang juga ada, loh! Tugas utama dari spesialis piutang ini adalah melakukan pelacakan terhadap semua penagihan perusahaan yang belum terbayarkan.

Jadi, hutang-hutang perusahaan yang cek adalah spesialis piutang ini. Spesialis piutang sangat dibutuhkan perusahaan besar untuk mengatur dan menyiapkan perencanaan pembayaran hutang yang dilakukan oleh perusahaan.

9). Pembukuan

Pembukuan bertanggung jawab atas semua akun akuntansi dalam suatu perusahaan. Tugasnya mencatat semua transaksi yang ada.

Istilah lainnya, pekerjaan pembukuan ini adalah sebuah database keuangan dari suatu perusahaan. Semua yang menyangkut keuangan dan akuntansi ada di bagian pembukuan.

10). Pekerjaan Jurusan Akuntansi yang Terakhir adalah CFO

CFO atau Chief Financial Officer adalah pejabat yang tugasnya bertanggung jawab dan mengawasi serta mengelola setiap risiko keuangan dari perusahaan.

Peranannya cukup krusial dan sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Seorang CFO juga bertugas untuk mengawasi arus kas perusahaan. CFO juga bertugas untuk mengawasi pemegang saham dan anggaran. Bagaimana? Cukup banyak bukan?

Terlepas dari itu semua, jurusan akuntansi adalah jurusan yang sebenarnya punya prospek kerja yang luas. Prospek artinya keluasan suatu hal untuk bisa berkembang. Dalam hal ini adalah jurusan akuntansi.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai 10 prospek pekerjaan jurusa akuntansi di masa sekarang. Kamu yang lulusan jurusan ini, tertarik untuk bekerja di bidang apa? Apakah kamu ingin menjadi seorang tenaga pembukuan, akuntan pemerintah, atau ada pekerjaan yang lainnya?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *