Cara Membuat PDF Terpisah Berdasarkan BAB Dari Skripsi

Cara Membuat PDF Terpisah Berdasarkan BAB Dari Skripsi

Ketika telah menjalani masa akhir masa kuliah biasanya mahasiswa akan dihadapkan dengan yang namanya tugas akhir atau bisa disebut juga dengan skripsi. Ketika menjalani proses mengerjakan skripsi biasanya akan banyak dihadapkan dengan berbagai drama yang terjadi mulai dari susahnya mencari judul hingga sulitnya bimbingan dengan dosen. Hal tersebut biasa akan terjadi bagi setiap mahasiswa, semua orang pasti akan merasakan hal yang seperti ini. Tapi ada juga beberapa mahasiswa (termasuk saya) dipermudah dalam mengerjakan skripsi, pada waktu itu judul saya langsung diterima dan saya mendapatkan dosen pembimping yang gampang dihubungu.. seneng banget.

Nah ketika setelah menyelesaikan skripsi maka mahasiswa akan diminta untuk mempertanggungjawabkan hasil skripsi yang telah dikerjakan dengan melaksanakan sidang akhir. Ternyata sidang akhir bukanlah tahap terakhir dari masa-masa kuliah, akan tetapi kamu akan dihadapkan dengan proses administrasi yang harus segera diselesaikan. Dikampus saya dulu ketika setelah menyelesaikan sidang akhir saya harus mengunggah hasil skripsi saya pada website Universitas yang akan dijadikan sebagai arsip.

PDF Terpisah Berdasarkan BAB

Pada saat itu ketika saya akan mengunggah hasil skripsi saya pada website perusahaan, ternyata sayaratnya adalah memisahkan file berdasarkan bab yang ada pada skripsi, mulai dari cover hingga lampiran. Awalnya saya ingin membuatnya dengan cara menggunakan platform berbayar, akan tetapi ternyata ada cara yang cepat untuk memisahkan pdf berdasarkan bab dan tentunya gratis. Pada artikel ini saya akan membagikan Cara Membuat PDF Terpisah Berdasarkan BAB Dari Skripsi dengan cepat tanpa ribet.

Buka Dokumen

Yang pertama kali kamu haruskan adalah mempersiapkan dokumen skripsimu dengan membukanya dalam format doct. Setelah itu kamu pastikan bagian mana saja yang ingin kamu jadikan pdf, untuk mempermudahnya kamu bisa melihat nomor halaman pada bagian page di pojok kiri bawah.

Cara Membuat PDF Terpisah Berdasarkan BAB Dari Skripsi

Kemudian untuk mengubahnya kamu tinggal buka menu “FILE>EXPORT>CREATE PDF/XPS” Seperti pada gambar berikut:

Trik Viral Cara Membuat PDF Terpisah Berdasarkan BAB Dari Skripsi

Setelah itu kamu akan diminta untuk menentukan lokasi baru dokumen yang akan kamu ubah menjadi pdf. Setelah itu tekan tombol “option” untuk menentukan halaman mana saja untuk dijadikan pdf berdasarkan bab secara terpisah.

Baca Juga  7 Tips Belajar Online di Rumah

Cara Membuat PDF Terpisah Berdasarkan BAB Dari Skripsi

Kemudian kamu akan ditampilkan beberapa pengaturan untuk menyesuaikan bagian mana saja yang akan diubah menjadi pdf.

Cara Membuat PDF Terpisah Berdasarkan BAB Dari Skripsi

Pada bagian “page range” pilihlah di Page (s) dan pilih halaman mana saja yang ingin dijadikan pdf. Misalnya jika kamu hanya ingin membuat pdf hanya pada bagian cover saja maka pilihlah pada From= 1 dan to=1 (Satu halaman). Dan jika kamu ingin mengubah per bab maka kamu bisa melihat halaman pertama dan terakhir pada halaman tersebut, misalnya From=10 to=30

Nah begitulah Cara Membuat PDF Terpisah Berdasarkan BAB Dari Skripsi tanpa harus menggunakan platform berbayar, sangat mudah sekali dan caranya gratis. jika kamu suka dengan artikel ini jangan lupa bagikan kepada sahabatmu yang membutuhkan ya, dan jika ada pertanyaan jangan lupa untuk menulisnya pada kolom komentar ya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.