7 Metode Menulis Jurnal Harian Supaya Lebih Produktif

Metode Menulis Jurnal Harian

Apakah saat ini kamu mulai tertarik dengan kegiatan journaling? Jika sebelumnya kamu pernah membuat diary, tentu akan sangat berbeda saat kamu akan membuat jurnal harian. Di diary biasanya orang-orang akan menggunakannya sebagai tempat untuk menulis curhatan, menumpahkan segala isi hati dan perasaan. Tapi berbeda dengan jurnal harian. Bisa dikatakan jika jurnal harian adalah level lebih tinggi dari buku harian. Jika kamu saat ini sedang mencari aktivitas baru yang seru dan produktif, menulis jurnal harian bisa menjadi salah satu kegiatan yang kamu lakukan di era ini.

Tapi tentu saja kamu harus mengetahui metode menulis jurnal harian yang benar. Karena jika kamu mengetahuinya, pasti kamu bisa membuat tulisan menjadi lebih mudah di setiap harinya. Kegiatan menulis juga menjadi salah satu kegiatan yang menenangkan dan bagi sebagian orang, kegiatan ini juga dapat membantu menata pikiran.  Jika kamu sudah tidak sabar ingin menulis jurnal harian, simak beberapa metode di bawah ini.

7 Metode Menulis Jurnal Harian Supaya Lebih Menyenangkan

Menulis jurnal harian bukan sekedar soal cerita pengalaman atau kegiatan sehari-hari saa. Tapi kegiatan ini sangat baik untuk terapi mental sehingga kita dapat memindahkan emosi negatif menjadi hal yang lebih positif. Menulis membutuhkan perasaan yang bisa meningkatkan ketenangan. Dengan menulis, beban yang terasa berat menjadi lebih ringan. Hanya saja, jika ingin menulis jurnal harian, tentu ada metode yang perlu kamu ketahui. Apa saja metode menulis jurnal harian? Berikut diantaranya:

Experience, pengalaman di hari itu, gratitude, tulsi apa saja yang bisa disyukuri, purpose menulis tujuan, visualisasi mimpi, brain dump, tempt merekam semua ide, feeling, cerita apa yang kita rasakan, learning, menuliskan apa yang dipelajari, planning, merencanakan agenda dan target

1. Experience

Metode pertama adalah menggunakan experience atau pengalaman yang kamu miliki. Jadi jika kamu punya kegiatan sehari-hari, kegiatan yang kamu lakukan bisa menjadi bahan untuk kamu menulis jurnal harian. Karena dalam proses menulis jurnal ini, kamu akan dituntut untuk jujur terhadap perasaan dan pemikiran. Jadi, salah satu metode terbaik untuk menulis jurnal harian adalah dengan membagikan pengalaman yang sudah kamu dapatkan dari aktivitas yang kamu lakukan sehari-hari.

Baca Juga  Trik Viral Cara Keluar Dari WhatsApp Web Tanpa Buka Komputer

2. Gratitude

Kemudian, kamu juga harus menulis hal-hal apa saja yang bisa kamu syukuri. Pastinya akan ada banyak hal yang kamu temukan dalam hidup. Dan ketika kamu bersyukur dengan semua yang kamu dapatkan, pastinya rasa syukur itu akan membantu kamu untuk menjadi pribadi yang lebih positif.

3. Purpose

Metode menulis jurnal harian yang ketiga adalah purpose. Nah, jika kamu ingin membuat jurnal harian, tentu kamu harus tahu apa yang menjadi tujuan kamu dalam menulis. Kamu juga bisa visualisasikan mimpi kamu ke dalam tulisan pada saat menulis jurnal harian

4. Brain Dump

Jika kamu ingin menulis, kamu harus memiliki brain dumping yang merupakan keterampilan mengelola kecemasan yang ada di dalam benak kamu. Brain dumping biasanya digunakan supaya overthinking yang tengah dialami bisa hilang atau menempatkannya ke tempat yang lain. jadi brain dumping akan membuat kamu menjadi lebih bebas.

5. Feeling

Ceritakan semua yang sedang kamu rasakan saat ini. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, menulis jurnal harian memerlukan kejujuran dari si penulisnya. Karena itu, salah satu metode menulis jurnal adalah menggunakan feeling.

Baca Juga  5 Cara Belajar Komputer Dengan Cepat dan Mudah

6. Learning

Tulis semua hal atau pelajaran yang kamu dapatkan di setiap harinya. Ini menjadi salah satu metode yang sangat penting jika kamu ingin membuat tulisan-tulisan pada jurnal harian.

7. Planning

Tulis apa yang ingin kamu wujudkan beberapa tahun yang akan datang. Kamu harus punya target supaya bisa lebih semangat untuk mewujudkannya.

Jadi itulah beberapa metode menulis jurnal harian yang penting untuk diketahui. Menulis adalah kegiatan yang positif jadi bisa kamu lakukan di setiap harinya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.