7 Cara Membagi Waktu Antara Sekolah dan Organisasi

Cara Membagi Waktu

Memiliki cara membagi waktu antara sekolah dan organisasi merupakan hal yang sangat penting. Jika tak ingin keteteran, kamu harus merencanakan dan mulai menggunakan waktu dengan bijak. Hal itu akan memberikan kamu sisa waktu luang tambahan yang bisa kamu gunakan untuk hal yang tak kalah penting yakni menghabiskan waktu bersama keluarga, teman atau berolahraga.

7 Cara Membagi Waktu Antara Sekolah dan Organisasi

Di bawah ini ada tujuh tips dan strategi manajemen waktu bagi kamu para pelajar yang juga sedang aktif berorganisasi. Tips dan strategi berikut wajib disimak untuk memastikan bahwa kamu tak ketinggalan pelajaran, siap menghadapi ujian, serta memiliki waktu luang untuk hal – hal pribadi meskipun sangat sibuk dalam organisasi.

1. Sekolah Adalah Prioritas

Selalu ingat bahwa sebagai pelajar tugas utama kamu adalah belajar. Untuk itu, pastikan menyelesaikan tugas – tugas sekolah sebelum mulai mengerjakan tugas organisasi. Ini adalah cara membagi waktu antara sekolah dan organisasi  yang paling mendasar dan harus selalu kamu ingat karena pada perjalanannya fokus belajarmu akan sangat mudah teralihkan.

Baca Juga  Cara Menggunakan Efek Baru 3D Zoom Pro Capcut Viral September 2021

2. Kurangi Mengeluh

Aktif dalam berorganisasi merupakan pilihan yang kamu ambil secara sadar. Artinya kamu telah paham tentang resiko untuk bekerja dua kali lebih berat dari teman – temanmu yang tidak berorganisasi. Maka kurangilah mengeluh, karena selain kamu akan mendapatkan manfaat atas beban kerjamu di masa depan, banyak mengeluh justru akan menurunkan mood yang menjadi sumber kemalasan.

3. Tidur Lebih Awal

Tidur lebih awal antara pukul 9 hingga 10 malam lalu bangun pada pukul 4 pagi akan memberikan kamu waktu luang untuk belajar. Belajar di pagi hari membantumu mendapatkan konsentrasi penuh yang mungkin tak didapatkan jika kamu belajar di malam hari setelah menjalani hari yang melelahkan.

4. Jaga Kesehatan

Selain menjaga jam istirahat kamu juga harus selalu memastikan tubuhmu terhidrasi dengan baik dan makan tepat waktu. Selain agar bisa berfikir dengan jernih, hal itu akan membuat kesehatanmu tetap terjaga. Jika kamu sakit maka beban kerjamu akan makin bertambah untuk mengejar ketertinggalan yang berarti akan mengurangi waktu berorganisasi.

Baca Juga  Cara Membuka File Scribd Tanpa Harus Berbayar

5. Self Reward

Cara membagi waktu antara sekolah dan organisasi yang berikutnya adalah memberikan reward pada diri sendiri pada titik – titik pencapaian tertentu. Selain belajar bersyukur hal ini penting untuk mengingat sisi positif dari kegiatan – kegiatan yang telah kamu jalani. Kamu juga perlu mengistirahatkan pikiranmu sejenak untuk menghindari stres.

6. Segera Kejar Ketertinggalan

Ketinggalan pelajaran menjadi hal yang kemungkinan besar akan kamu hadapi. Jika berada dalam situasi tersebut maka kamu harus berusaha mengejarnya secepat mungkin. Jangan ragu untuk meminta bantuan dari teman – temanmu atau keluargamu.

7. Disiplin

Disiplin adalah kunci dari cara membagi waktu antara sekolah dan organisasi. Meski melelahkan, kegiatan dalam organisasi seringkali akan membuatmu keasyikan hingga lupa waktu. Untuk membantu mendisiplinkan diri ada baiknya untuk merencanakan kegiatan pada pagi hari kemudian menyetel pengingat di ponsel kamu. Semua hal diatas akan sia – sia jika kamu tak disiplin dalam manajemen waktu.

Nah itulah cara membagi waktu antara sekolah dan organisasi. Pada dasarnya kamu harus selalu mengidentifikasi apa yang perlu kamu lakukan setiap harinya untuk memberi gambaran apa saja yang harus kamu lakukan pada hari itu dan berapa waktu yang dibutuhkan. Semakin sering kamu melakukan hal – hal diatas maka dengan sendirinya kamu akan mampu membagi waktu dengan tepat.

Baca Juga  Cara Membuat Roti Tawar Tanpa Telur Menggunakan Metode Double Soft

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.