5 Tips Cara Belajar Toefl Otodidak

5 Tips Cara Belajar Toefl Otodidak
5 Tips Cara Belajar Toefl Otodidak

Tes TOEFL adalah sebuah tes yang memang dirancang guna mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang yang tidak menggunakan bahasa Inggris dengan cara menguji kemampuan membaca, berbicara, mendengar bahkan menulis. Bagi yang melakukan tes ini pertama kali mungkin akan khawatir sebab terlihat menakutkan. Jika pertama kali melakukan tes ini wajar untuk sedikit gugup dan sedikit kewalahan karena ada begitu banyak soal yang harus dijawab. Namun perlu kamu ketahui bahwa Tes TOEFL adalah tes yang sangat penting dan berguna. Dalam menghadapi tes TOEFL, perlu beberapa cara yang benar dalam belajar. Berikut ini merupakan beberapa cara belajar TOEFL otodidak.

5 Tips Cara Belajar Toefl Otodidak

1. Paham format tes TOEFL

Jika Anda ingin mengambil TOEFL, sangat penting untuk mengenal terlebih dahulu format TOEFL. TOEFL terdiri dari beberapa bagian yaitu menulis, membaca, dan mendengarkan. TOEFL berbasis Internet juga mencakup bagian berbicara. Ada dua jenis TOEFL yaitu TOEFL iBT dan PBT. Terdapat masing-masing indikator untuk menguji kemampuan dengar, tulisan, dan membaca dengan bobot jumlah soal yang berbeda. Putuskan tes seperti apa yang ingin kamu ambil.

Baca Juga  Wajib dilakukan!! Inilah 5 Tips Lolos SNMPTN

2. Ciptakan ruang belajar yang ideal

Lingkungan belajar yang baik penting untuk mencapai nilai yang diinginkan. Gunakan cara belajar TOEFL otodidak berikut untuk membuat ruang belajarmu sendiri. Pertama, temukan tiga lokasi studi idealmu. Mungkin kamar, perpustakaan, kafe, kantor, ruang tamu atau di mana pun. Tetapi penting bagi Anda untuk merasa nyaman di ruang tersebut. Kedua, Buat zona tenang.  Saat memilih lokasi belajar, ciptakan ruang tanpa gangguan. Tetap jaga agar ruang belajar tetap bersih dan teratur.

3. Jadwalkan waktu istirahat ketika belajar

Dengan menjadwalkan waktu istirahat, maka kamu akan lebih fokus selama waktu belajar. Menjadwalkan waktu makan siang juga akan memastikan kamu tidak akan kekurangan konsentrasi karena lapar. Minumlah cukup air agar lebih fokus.

4. Praktik latihan setiap ada kesempatan

Praktik latihan setiap hari bisa dilakukan pembagian terhadap masing-masing bagian tes. Hal ini akan memudahkan cara belajar TOEFL otodidak. Bagian membaca tes TOEFL, kamu akan membaca beberapa bagian dan menjawab pertanyaan yang terkait dengannya. Baca teks bahasa Inggris bisa melalui breaking new, server bahasa inggris. Di bagian mendengarkan, kamu akan mendengar orang yang berbicara, baik dalam monolog maupun dialog. Kemudian kamu coba menjawab pertanyaan berdasarkan apa yang telah kamu dengar tentang topik utamanya, siapa saja yang sedang dibicarakan, dan tujuan dari dialog tersebut.

Baca Juga  Trik Viral Menggabungkan Beberapa PDF Menjadi Satu Hanya 5 Menit

Demi persiapan bagian penulisan, berlatihlah menulis dengan menggunakan waktu atau timer. Untuk bagian berbicara, kamu bisa berlatih sendiri berbicara didepan cermin. Jika sudah cukup percaya diri, berlatihlah berbicara bahasa inggris dengan orang lain.

5. Gunakan Strategi Pembelajaran Aktif dan Pasif

Ada dua jenis belajar yaitu aktif dan pasif. Pastikan kamu menggunakan kedua strategi dalam belajar agar hasil yang dicapai maksimal.

a. Giat belajar secara aktif

Pembelajaran aktif terjadi ketika belajar contohnya mengikuti tes latihan, menghafal kosa kata, kursus, dan lainnya.

b. Belajar secara pasif

Pembelajaran pasif terjadi secara alami tanpa usaha. Dalam belajar secara pasif bisa dilakukan saat sedang waktu luang. Misalnya menonton film tanpa subtitle, membaca buku novel bahasa inggris yang mudah dipahami, mendengar lagu dan mencari makna lagu tersebut dan lainnya.

Nah, itu dia beberapa cara belajar TOEFL otodidak. Bagian paling penting dari belajar secara otodidak adalah konsistensi dan kerja keras. Selagi kamu memiliki keinginan untuk bisa lulus TOEFL dengan belajar maka semua rangkaian tes akan bisa terlewati dengan baik

Baca Juga  Tips Membuat Daftar Pustaka Dengan Cepat

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.