4 Tips Belajar SBMPTN Lintas Jurusan

Tips Belajar SBMPTN

Tips belajar SBMPTN lintas jurusan diperlukan untuk kamu yang memutuskan untuk mengambil jalur lintas jurusan. Baik kamu yang ketika SMA mengambil jurusan IPA kemudian ingin berkuliah di jurusan Soshum, atau bahkan sebaliknya dari SMA IPS yang ingin mengambil prodi Saintek.

4 Tips Belajar SBMPTN Lintas Jurusan

Beberapa dari kamu mungkin merasa berat karena banyak yang harus dipelajari, namun dalam artikel ini kami mencoba merangkum beberapa hal penting yang wajib diperhatikan ketika belajar SBMPTN lintas jurusan.

1. Belajar Secara Efektif

Memutuskan untuk lintas jurusan berarti kamu telah memahami beban belajar yang harus kamu lakukan. Meski berat namun bukan berarti kamu tak bisa melakukannya. Sebelum memulai, carilah metode belajar yang efektif dan sesuaikan dengan kebiasaanmu. Siapkan pula sumber – sumber belajar yang telah banyak direkomendasikan.

Kamu akan menyelesaikan lebih banyak materi lebih cepat jika belajar secara efektif. Waktu belajar yang singkat namun efektif lebih efektif daripada belajar yang berjam – jam namun tak memiliki target tertentu.

Baca Juga  Trik Viral Membuat Tampilan Komputer Windows Update Hanya 2 Menit

2. Pahami Konsep

Tips belajar SBMPTN lintas jurusan selanjutnya berlaku bagi kamu yang memutuskan untuk langsung belajar dari soal latihan. Hal mendasar yang harus kamu lakukan adalah memahami konsep dari sebuah soal. Artinya soal tersebut adalah satu dari sekian kemungkinan hal yang ditanyakan dalam sebuah materi. Maka ketika menjawab sebuah soal, selalu usahakan untuk mempelajari semua materi yang berhubungan.

Mempelajari semua materi yang berhubungan akan meningkatkan pendalaman materi dalam progres belajarmu. Lakukan hal ini secara berulang hingga kamu benar – benar paham akan keseluruhan materi dari sebuah pelajaran.

3. Latihan Secara Bertahap

Untuk mengurangi beban belajarmu, lakukanlah latihan soal secara bertahap. Latihan soal sebaiknya dilakukan ketika kamu merasa yakin telah menguasai satu materi. Setelah menguasai beberapa materi, kamu juga wajib untuk menyegarkan ingatanmu dengan latihan soal gabungan dari beberapa materi tersebut.

Menurut para ahli latihan secara berkala sangat penting jika kamu ingin memindahkan informasi dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang. Hal itu akan membuat kamu mengingat materi yang telah dipelajari dengan lebih baik.

Baca Juga  Ekstensi Browser Kamu Hilang? Begini Cara Menampilkannya

4. Hindari Mencampur Materi

Tips belajar SBMPTN lintas jurusan yang satu ini wajib dilakukan agar kamu tetap fokus dan berada pada tahapan belajar yang benar. Usahakan untuk mempelajari mata pelajaran tertentu dalam waktu yang telah kamu jadwalkan. Misal kamu menjadwalkan untuk belajar Fisika selama tiga atau lima hari kedepan,  maka jangan sekali – kali mencoba untuk belajar hal diluar fisika jika tak ingin membuatmu kebingungan sendiri.

Pada dasarnya ketika kamu belajar sebuah materi, usahakan untuk selalu mengulanginya secara konsisten. Ketika belajar hal-hal baru, otak akan menyimpan informasi itu dalam neuron lalu menghubungkan neuron tersebut ke neuron yang telah berisi informasi sebelumnya untuk membentuk sebuah jaringan asosiasi. Masalahnya adalah, otakmu tak dapat menumbuhkan jaringan yang begitu kuat dalam sekali duduk.

Maka dari itu kamu perlu mengulang materi untuk menumbuhkan jalur saraf yang cukup kuat untuk menumbuhkan retensi yang sempurna. Jika kamu memaksakan diri untuk mempelajari informasi yang sama berkali-kali dalam satu atau dua hari, maka kemungkinan kamu akan sulit mengingatnya meskipun telah menghabiskan waktu berjam – jam untuk mempelajarinya.

Baca Juga  3 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris biar Makin Lancar Speaking-nya

Itulah beberapa tips belajar SBMPTN lintas jurusan  yang mungkin akan membantu kamu masuk PTN dengan jurusan favoritmu. Selain semua hal diatas, pastikan untuk selalu berdoa dan menjaga kesehatan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.